Google APps

Google Apps Logo

Google Apps menyediakan perangkat untuk mengelola perubahan harian, seperti memperbarui daftar pengguna yang seharusnya memiliki akses ke layanan, membuat dan memodifikasi milis, serta melakukan perubahan pada halamana Web domain Anda. Organisasi dengan kebutuhan yang lebih tinggi perlu mengintergrasikan Edisi Premier dan Edisi Pendidikan Google Apps pada infrastruktur TI lainnya yang ada. Google Apps menyediakan perangkat yang mudah dan canggih untuk semua jenis organisasi agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Langkah untuk menggunakan google apps dimulai dengan memVerifikasi domain ke google apps. Dengan kata lain, Verifikasi tersebut sebagai cara dari google untuk membuktikan kepemilikan dari domain yang daftarkan. Jika tidak dilakukan Verifikasi, maka fasilitas dari google apps tidak dapat dipergunakan, dan jika dalam waktu 30 hari tidak dilakukan verifikasi maka domain akan dihapus oleh google.

Berikut langkah untuk memverifikasi domain :

1. Klik Verify domain ownership, pada domain control panel google apps anda Google Apps

2. Cara Verifikasi, ada 2 cara untuk melakukan verifikasi domain, membuat CNAME record pada domain atau dengan cara mengupload sebuah HTML file.

Google Apps - Verify

2a. Upload an HTML file Anda dimintak untuk membuat satu buah HTML file dengan nama googlehostedservice.html, isi dengan kode verifikasi (ex. googlea7788f99fe00c66e), dan upload file tersebut pada http://domainanda.com/. Lalu pastikan kalau file tersebut bisa dilihat pada http://domainanda.com/googlehostedservice.html.

2b. Change your CNAME record Buat CNAME record dengan kode yang diberikan (ex. googlea7788f99fe00c66e . domainanda.com), di arahkan ke google.com.

Setelah itu klik Verify. Google akan melakukan verifikasi yang memakan waktu maksimal 48jam.

… 15 menit kemudian, Verifikasi pun selesai…

Aktivasi Email

Setelah domain terVerifikasi, langkah selanjutnya adalah mengaktivasi email. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

1. Klik Activate email Google Apps

2. Ubah Mail Exchange (MX) records

Mail Exchange (MX) records-lah yang mengatur kemana email yang diterima akan dikirimkan. Jadi MX record harus diarahkan ke server google.

Untuk merubah MX record anda harus masuk kedalam domain/hosting control panel. Pada halaman MX record maintenance, hapuslah MX record yang telah ada, sebelum anda membuat MX record yang baru. Arahkan MX record yang baru ke beberapa tempat berikut: MX Record

Setelah itu klik I’ve completed these steps. Google akan melakukan pengecekan yang memakan waktu maksimal 48jam. email updating progress … 10 menit kemudian… Email pun sudah aktif. ;D

Anda sudah dapat mengCreate new users sampai 100 account untuk domain tersebut. User dapat mengakses webmail melalui http://mail.google.com/a/domainanda.com. Atau anda juga bisa menambahkan redirect pada domain anda untuk mempermudah user dalam mengakses webmail tersebut.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment